Nusakini.com--Makassar--Sekolah Mengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga menggelar workshop Projek penguatan profil pelajar pancasila di lec Sekolah Islam Athirah, Sabtu (22/10/2022).

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Pada kegiatan itu yang menjadi pemateri adalah dari sesama rekan guru lain yang telah mengikuti pelatihan diantara Guru Bidang Studi Kimia Utari, Bahasa Indonesia Maryam Usman, Dan Sosiologi Aries Sahriwin.

Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bidang Kurikulum Bakry Liwang mengatakan Tujuan kegiatan Workshop projek Penguatan Profil pelajar Pancasila untuk memberikan pemahaman menyeluruh kepada guru.

"workhsop ini memberikan pemahaman terkait perencanaan, pelaksnaan dan evaluasi kegiatan P5, Guru dapat nenentukan alur pelaksanan projek dan bentuk asesment pelaksanaan P5,"ujarnya, Minggu (23/10/2022).

Lebih lanjut dia menjelaskan Pada tahun pembelajaran 2022-2023 tema projek yang disepakati yaitu gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal dan bhineka tunggal Ika.

"pemilihan tema itu karena berdasarkan analisis kebutuhunan sumberdaya saat ini untuk bisa melaksanaakna projek tersebut dengan baik,"tuturnya. 

Sementara itu, dalam pembukaan workshop Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga H M Ridwan Karim menyampaikan dengan enam ciri utama profil pelajar pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif harus di implikasikan. 

Selain itu ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga hadir pada kegiatan itu. 

Diketahui, pada kegiatan itu dihadiri pengawas sekolah Darma S Lanre. Bahkan dalam kesempatan itu ia memberikan motivasi kepada seluruh Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga.(rilis)